Cari Blog Ini

Breaking News

Pecah Kepadatan Lalin, Satlantas Lobar Atur Manajemen One Way

Satlantas Polres Lombok Barat Akan Atur Rekayasa Jalan di Kawasan Batulayar Menuju Kawasan Senggigi Saat Malam Nataru 

Matahari Siar.com Lombok Barat - Guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Lombok Barat (Lobar) telah menyiapkan pemberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas. Seperti halnya one way atau contra flow, yang nantinya akan diberlakukan saat perayaan hari natal dan tahun baru (Nataru) di kawasan Batu Layar.

Kasat Lantas Iptu Agus Rachman, SH mengatakan, jelang natal dan tahun baru 2023 mendatang, pihaknya akan memberlakukan pengalihan arus di Batulayar yang sifatnya situasional. Langkah ini dihimpun sebagai tindakan pengamanan untuk mencegah kepadatan dan kemacetan akses menuju kawasan destinasi Senggigi.

“Kami akan memberlakukan pengalihan arus mulai pukul 23.00 wita pada malam tahun baru. Arus lalulintas yang akan menuju Senggigi, akan di tutup di pintu masuk kawasan Batulayar,” ujarnya, Senin 26/12/22.

Menurutnya, Langkah ini sifatnya situasional, bahkan bila arus lalulintas dinilai menimbulkan kemacetan, maka bisa saja memberlakukannya lebih awal.

“Jika arus lalulintas membeludak walaupun di bawah jam tersebut, kita langsung tutup ke Arah utara, dengan membelakukan one way dari utara ke selatan,” katanya.

Sehingga dari arah Mataram menuju Senggigi, dialihakan di simpang kebon roek dan simpang ireng. Jika ada yang terlanjur masuk di simpang montong, maka akan dialihkan kearah Gunungsari. Sedangkan untuk di Simpang empat Gunungsari, akan dialihkan menuju utara dan selatan, untuk disimpang empat sandik akan ditutup total.

“Langkah ini sebagai antisipasi terjadinya kemecetan arus lalulintas, yang diprediksi meningkat bila membandingkannya dengan pelaksanaan sebelumnya,” ujarnya.

Sebelumnya kata Agus, masih terdapat pembatasan pembatasan dalam bentuk penyekatan, sehingga perlu melakukan langkah antisipasi.

“Jangan sampai terjadi terjadi stag arus lalulintas masyarakat yang melintas di situ, namun sifatnya situasional. Bila dinilai masih landai maka tidak sampai terjadi pengalihan arus,” imbuhnya.

Kasat Lantas menghimbau, bagi Masyarakat yang akan ke Lombok Utara pada malam tahun baru 2023 ini, untuk melalui jalur pusuk dari gunungsari.

“Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan, mengingat arus kendaraan bakal meningkat khususnya kearah senggigi. Jadi, pengamanan nantinya tidak hanya berfokus di simpang montong, juga mengantisipasi simpul-simpul lainnya yang berpotensi menimbulkan kemacetan,” tandasnya. (W@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close