Cari Blog Ini

Breaking News

Wabup Hj. Sumiatun, Dorong Kaling Suguhkan Pelayanan ke Masyarakat

Matahari Siar.com Lombok Barat –Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun hadiri pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Kepala Lingkungan (Kaling) se Kecamatan Gerung periode masa Bakti 2023-2028. Dalam sambutannya, mantan Ketua DPRD Lombok Barat ini menekankan agar seluruh  Kepala Lingkungan yang dikukuhkan hari ini, benar benar mengetahui tupoksi dan memahami  situasi dan kondisi di wilayah masing masing.

Posisi sebagai kaling adalah posisi pemimpin yang strategis. Karenanya, Kaling yang berhubungan dan berhadapan langsung dengan masyarakat, harus bisa memberikan pelayanan yang efektif.. Sehingga tugas dan tupoksi tugas sebagai Kaling mampu menjaga lingkungannya agar tetap dengan rasa  aman dan nyaman sebaik baiknya.

"Bersiap-siap bukan untuk mendapat pujian semata, melainkan tugasnya bisa menyuguhkan pelayanan membahagiakan. Intinya harus bersiap siap untuk menerima keluh kesah masyarakat," tegasnya Rabu, 4/01/23 di Sanggar Mutu Gerung.

Keluh kesah lanjut Sumiatun, mungkin biasa, tapi akan ada yang lebih dari itu. Ada protes, ada tuduhan, dianggap tidak adil, dimintai bantuan setiap saat, dikunjungi setiap malam, dan lain-lain. Apapun itu, Kaling harus selalu siap untuk mewujudkan pelayanan itu tadi.

"Jadi tugas Kaling itu tidak ringan. Ketika sudah menerima dan dilantik sebagai Kaling, berarti  sudah siap dengan konsekwensi tersebut," ujar dia.

Oleh karena itu kata Sumiatun, harus berlapang dada, perbanyak sabar. Menerima keluhan dan masukan masyarakat adalah keharusan. Berusaha tetap ikhlas kenyataannya.
Dan yang terpenting bekerjalah sesuai aturan, belajarlah menjadi adil untuk semua warga.

"Kaling diharapkan bisa menjaga keharmonisan dengan masyarakat yang satu dengan yang lainnya," pintanya.

Selain itu, perbanyaklah komunikasi dan silaturrahmi dengan masyarakat. Jangan hanya menunggu di rumah, tapi berusahalah datang mengunjungi warga. Kenali mereka, sampaikan aspirasi mereka ke kelurahan.

Bersahabatlah dengan warga di  lingkungan, jangan menciptakan jarak yang membuat warga sungkan, tapi bergaullah. Dengan cara demikian itu akan menjadi Kaling yang bahagia, yang diamanahi dengan suka cita oleh masyarakat, pesannya.

"Niatkan tugas sebagai ibadah, mungkin gaji yang didapatkan tidak seberapa dibanding beratnya tugas yang dijalankan, tetapi imbalan dari Allah SWT kalau sabar dan ikhlas adalah jauh lebih besar dari itu," pesannya. (Ikhw@N)


0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close