Cari Blog Ini

Breaking News

Lindungi Lahan Sawah Pertanian, Irjen Kementan Dorong Penetapan LP2B

 

Lindungi Lahan Sawah Pertanian, Irjen Kementan Dorong Penetapan LP2B

Matahari.com (Mataram NTB) – Dalam rangka pengendalian alih fungsi lahan pertanian, Inspektur Jenderal Kementerian Dr.Jan Samuel Maringka, menggelar rapat koordinasi pengawasan sekaligus membuka langsung dialog Jaga Pangan dengan tema “Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian”. Rapat koordinasi ini berlangsung di Pendopo Gubernur NTB, Kamis (10/08/23).

Inspektur Jenderal Kementerian Dr.Jan Samuel Maringka mengatakan, terjadi kecenderungan peningkatan alih fungsi lahan pertanian ke non pertanian secara masif, data BPS tahun 2013 luas lahan baku sawah 8,1 juta Ha dan tahun 2019 menurun menjadi 7,4 Juta hektar.

Selain itu, perambahan lahan ini
terjadi masih banyak pemerintah daerah yang belum menetapkan RTRW/LP2B, dari 516 Kota/Kab di Indonesia , baru 213 kab/kota yang telah menetapkan perda RTRW/LP2B dengan didukung data spasial.

"Berdasarkan data hasil verifikasi aktual yang dilakukan Kementerian ATR/BPN per September 2022 Luas,  Sawah dilindungi (LSD) di Provinsi NTB seluas 217.530, 67 hektar yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota dan 4 Kab/Kota telah menetapkan LP2B dan secara bertahap akan menyusul Kabupaten/Kota lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut sebut Jan Maringka, lahan pertanain yang produktif merupakan modal utama dalam mewujudkan ketahanan pangan. Ia menegaskan, untuk mensukseskan program Kementerian Pertanian, tidak dapat dilakukan secara sendiri sendiri dan tidak terkoordinasi dengan baik. Oleh sebab itu, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah bersama seluruh stakeholder terkait untuk dapat menjaga dan membangun ketahanan pangan daerah guna menjadi lebih mandiri.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran semua pihak bahwa pentingnya pengendalian alih fungsi lahan pertanian, serta dapat memberikan energi positif bagi kemajuan pertanian dan pangan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Nusa Tenggara Barat sangat startegis dan punya potensi yang baik sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengendalian alih fungsi lahan untuk mewujudkan ketahanan pangan,” lanjut dia

Sementara itu, Gubernur NTB  mengungkapkan, penyusutan lahan sawah di NTB cukup tinggi, bahkan mencapai 10 ribu hektar tiap tahunnya, sehingga untuk sementara ini diatasi dengan kegiatan intensifikasi lahan, meningkatkan masa tanam dan optimasi lahan, Tetapi Penetapan LP2B akan dipercepat,” ungkapnya,

"Harapan kami, akan tetap menjaga lahan pertanian, paling tidak bisa menahan laju alih fungsi lahan. Jika pun terpaksa, harus ada lahan pengganti," singkatnya.

Narasumber pada dialog jaga pangan kali ini adalah Gubernur NTB, Direktur Jenderal Kementerian ATR /BPN, Inspektur Jenderal  Kemendesa dan PDTT, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Kepala Kepolisian Daerah NTB, Praktisi dari UGM, Direktorat Jenderal PSP, dan BPKP, dan dihadiri lebih dari 300 peserta. (Ikhw@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close