Cari Blog Ini

Breaking News

Hujan Deras Kawasan Sekotong, Empat Desa Dikepung Banjir

Anggota Kepolisian dan Masyarakat Respon dan Turun Tangan 

Matahari.com (Lombok Barat) - Tingginya intensitas hujan di wilayah Sekotong Lombok Barat, menyisakan empat desa dikepung banjir. Hujan deras sejak tengah malah hingga pagi hari, 05/12/23 tersebut, merambah dan menggenangi rumah warga hingga ketinggian air mencapai 50 centi meter. Pun dampak banjir ini, alhasil harus menerjunkan satuan Polsek Sekotong dan masyarakat, berpartisipasi membersihkan dan mengefakuasi tumpukan sampah kiriman yang ada.


Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, menjelaskan, banjir yang melanda permukiman warga di Sekotong akibat tingginya intensitas hujan sejak tengah malam hingga pagi hari, menggenangi rumah warga, terjadi sekitar pukul 06.00 Wita hingga diketinggian 50 centi.


Keempat desa yang terdampak banjir yakni Desa Sekotong Tengah, Desa Taman Baru, Desa Persiapan Empol dan Desa Persiapan Pengantap. 


"Banjir terjadi karena intensitas hujan yang tinggi. Selain itu, saluran air yang mampet dan sungai yang tidak dapat menampung debit air yang tinggi juga menjadi penyebab banjir," ungkapnya.


Dampak yang memaksa anggota Polsek Sekotong bersama masyarakat harus andil dan turun tangan, langsung melakukan upaya evakuasi dan pembersihan sungai yang mampet akibat sampah kiriman. 


"Semua bisa teratasi. Syukurnya banjir sudah surut dan sampai hari ini tidak ada korban jiwa," ujar dia.


Hingga saat ini pihaknya bersama BPBD, Kecamatan Sekotong, masih melakukan pembersihan sisa-sisa sampah. Terutama antaisipasi sampah kirmiman yang dapat menyumbat sungai tersebut.


"Walaupun air sudah mualai surut, kami tetap antisiapsi datangnya sampah kiriman yang mungkin saja terjadi guna mencegah terjadinya banjir susulan,” ajaknya.


Ia mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Sampah-sampah tersebut dapat menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir, kata Suriarta.


Berikut adalah data sementara dampak banjir di masing-masing desa antara lain Desa Sekotong Tengah, diantaranya Dusun Sekotong Satu, Gunung Anyar, Gunung Kosong, Sekotong Dua, Suredadi, Karang Lebah, dan Mekar Sari. 


Kemudian Desa Taman Baru, dengan Dusun terdampak antara lain Gelumpang. Desa Persiapan Empol, dengan Dusun terdampak antara lain Madak Belek I, Madak Belek II, Empol Timur, dan Empol Induk.


Desa Persiapan Pengantap, dengan Dusun terdampak antara lain Kebeng, Bengkang, dan Sap Baru. (Ikhw@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close