Cari Blog Ini

Breaking News

Meriahkan HUT ke 147, BKHIT Mataram Helat Donor Darah dan Bagi Ratusan Paket Sembako


Wujud Nyata Kepedulian, BKHIT Berkontribusi Untuk Masyarakat


Matahari.com (Lombok Barat) - Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Mataram menghelat rangkaian kegiatan Hari Karantina Indonesia (HKI) ke-147 di halaman kantor BKHIT Mataram Lembar Lombok Barat Selasa, 15/10/24. Perayaan yang berpartisipasi dan bernilai kegiatan sosial ini, sebagai wujud peduli dan berkontribusi untuk masyarakat.


Kepala BKHIT Mataram Agus Mujianto mengatakan, pada momentum HUT yang ke 147 sekarang ini, pihaknya lebih mendekatkan hubungan emosional dengan masyarakat terutama melalui seabrek kegiatan bhakti sosial. Hal tersebut dilakukan bisa memberikan secara langsung kegiatan yang bermanfaat dan membantu antara sesama.


"Berbagi untuk orang lain, saya rasa bisa lebih penting. Karena selain membantu orang lain, kami bisa lebih dekat hubungan emosionalnya dengan masyarakat terutama di sekitar kawasan Lembar," ujarnya saat di temui di ruang kerjanya 15/10/24.


Mengapresiasi HUT Balai Karantina ke 147 ini, yang pertama kita melaksanakan vaksinasi rabies untuk binatang kesayangan, bagi masyarakat umum. Itu yang kemarin sudah kita lakukan. Kemudian hari ini (red- Selasa), BKHIT menggelar kegiatan Donor Darah dan selanjutnya akan digelar bagi bagi sembako untuk masyarakat.


"Kegiatan bhakti sosial semacam ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami," ujar Agus.


Untuk vaksinasi yang sudah dilakukan yakni kucing dan anjing. Tetapi yang di vaksin kemarin kebanyakan binatang jenis kucing. Dan itu gratis semua. Sedangkan untuk donor darah lanjut dia, adalah bagian dari aksi kemanusiaan, dimana bisa membantu meringankan saudara saudara kita yang membutuhkan saat imergence.


"Kami targetkan 147 kantong sesuai dengan usia Balai Karantina itu sendiri. Kalau lebih syukur Alhamdulillah" paparnya.


Sementara mengenai pembagian sembako juga akan di prioritaskan untuk masyarakat yang kurang beruntung. Tinggal kita tebar kepada saudara kita yang miskin dan jompo serta untuk panti asuhan.


Setelah ini, kawan kawan di penegakkan hukum akan sosialisasi juga dengan peraturan peraturan kita. Karena diharapkan kepada masyarakat khususnya yang mempunyai jasa, juga memahami. Terutama menyangkut banyaknya potensi yang ada di NTB ini,


"Sebenarnya banyak yang faham juga dengan karantina, tetap kadang ada banyak juga berasumsi bahwa mengurus karantina itu susah. Padahal itu tidak. Karena sebenarnya karantina itu cepat, murah dan mudah," tegasnya.


Diharapkan kepada masyarakat di NTB agar bisa patuh karantina. Karena kalau sudah patuh karantina sudah pasti akan terindungi dari hama dan penyakit baik yang masuk maupun yang keluar di wilayah kita.


"Penyakit bawaan dari tumbuhan maupun dari hewan itu sendiri tentu dapat beresiko. Untuk itu harus ditangani oleh Balai Karantina dulu supaya aman," jelas Agus. 


Hal senada juga disampaikan Kasubag Umum BKHIT Dirman menyebutkan, perayaan HUT kali ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan sosial seperti vaksinasi rabies untuk binatang kesayangan.  Selain itu, pihaknya menghelat kegiatan sosial donor darah massal dan bagi bagi ratusan paket sembako untuk masyarakat miskin dan kaum dhuafa.


"Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian BKHIT Mataram terhadap masyarakat. Kami ingin lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan kontribusi positif," ujarnya.


Sekarang lanjut Dirman, kegiatan sosial seperti ini juga di gelar di Kabupaten Bima. Karena BKHIT juga tidak hanya di Lombok tetapi wilayah kerjanya sudah ada di semua di seluruh NTB. Namun demikian, terkait dengan kegiatan donor darah, pihaknya melibatkan sejumlah instansi terkait, pihak Desa  dan masyarakat.


"Target kita sebanyak 147 kantong darah untuk disumbangkan ke pihak PMI," terang dia.


Dan ini adalah kegiatan rutin kita setiap tahun. Sekarang ini menjadi momentum bagi seluruh jajaran BKHIT untuk semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengawasan keamanan lalu lintas sumber daya alam hayati dan hewani, BKHIT Mataram memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Melalui berbagai kegiatan sosial semacam ini.


"Kami dari BKHIT Mataram tidak hanya menjalankan tugas pokoknya, tetapi juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat,” pungkasnya (W@N)

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close